Wednesday, January 11, 2012

Waktu adalah Uang


Waktu adalah Uang. Ungkapan ini sering ditekankan. Kita setuju itu ?

Untuk bisa bilang setuju tentu harus tahu apa maksud dari ungkapan tersebut. Kenapa waktu itu diasosiakan dengan uang, segitu berhargakah dia ?

Ada yang langsung manggut, bilang iya. tanpa lebih jauh mendalami maknanya. Jujur saja, dulu saya juga penganut paham ini, tapi secara mendalam tidak tahu maksudnya.

Fenoma ini sebenarnya muncul dimana masyarakat sudah punya mobilitas yang tinggi. Sibuk dengan segala urusan, Ada saja masalah dan pekerjaan yang harus diselesaikan (sendiri). Khas gaya hidup orang modern dengan aktifitas bisnisnya yang dipacu batasan deadline. Belum lagi persoalan pribadi dan keluarga yang harus minta perhatian tidak sedikit.

Bisa dibayangkan waktu yang sehari 24 jam itu harus dibagi keberbagai bidang aktifitas. Maka untuk mengatasi ini ada satu azas prioritas dimana yang penting harus didahulukan.

Dan pengerjaannyapun harus secepat dan seefisien mungkin. Karena itu di dalam tatanan masyarakat modern, negara barat misalnya, pekerjaan dan imbalannya dihitung berdasarkan jam. Tidak lagi pake hitungan hari, minggu atau bulan.

Karena tiap detik dan menit yang berlalu harus bisa melakukan sesuatu, harus produktif mengasilkan hasil kerja yang mengutungkan.

Jadi mulailah menghitung waktu anda ! hargailah waktu anda, jadikan dia sebagai patokan, batas pemagar produktifitas anda.

0 Comments:

Post a Comment